Selasa, 12 Juni 2012

PROFIL PAUD KOBER AL - FIRZA UTAMA


1.1.       Riwayat Singkat
            PAUD KOBER AL – FIRZA UTAMA didirikan pada Tanggal 01 Juni 2011, namun pada saat itu masih belum tergabung dalam program Yayasan AL – FIRZA UTAMA, baru kemudian pada tanggal 03 Nopember 2011 berdasarkan musyawarah pendirian penyelenggaraan program Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain di Yayasan AL – FIRZA UTAMA menyatakan secara resmi siap dan mufakat untuk mengadakan program Pendidikan Anak Usia Dini untuk Kelompok Bermain AL – FIRZA UTAMA yang berlokasi di kampung Sukahening RT 02/RW 06 Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.  
            Latar belakang diselenggarakannya PAUD KOBER AL – FIRZA UTAMA ini, yaitu dalam rangka ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam bidang pendidikan, sesuai dengan Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu   “Dengan Iman dan Taqwa, Kualitas pendidikan Jawa Barat Terunggul di Indonesia Tahun 2011:, sebagaimana ditetapkan Misi dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat. Dan dengan menilik pula pada Undang-Undang No.2 Tahun 1996 yang secara yuridis telah memperoleh Justifikasi, bahwa Pendidikan luar sekolah sebagai Sub sistem dari pendidikan Nasional dengan tegas menyatakan bahwa Penyelenggaraan pendidikan Nasional dilaksanakan melalui dua jalur yakni jalur Pendidikan Sekolah dan Luar Sekolah. Pendidikan Luar Sekolah adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau pelatihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Dan setelah memperhatikan secara seksama situasi dan kondisi masyarakat sekitar dirasa cukup potensial dan memadai untuk disediakan suatu wadah pendidikan melihat bahwa tingginya minat dari masyarakat akan Pendidikan Anak di Usia Dini tetapi masih terkendala dengan tempat sekolah yang jauh khususnya di Kampung Sukahening RT 02 RW 06 Kelurahan Karsamenak Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya melihat sebelumnya, belum tersedia Pendidikan Anak Usia Dini ini dan masalah yang lainnya yaitu masalah pembiayaan, dengan i’tikad untuk mengakomodir dan memberikan layanan pendidikan maka diselenggarakanlah  PAUD KOBER AL – FIRZA UTAMA ini insyaallah dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada tersebut, dengan adanya PAUD KOBER AL – FIRZA UTAMA di lokasi yang relatif dekat dan dengan khususnya ditujukan bagi warga belajar yang kurang mampu tetapi mempunyai semangat belajar yang sangat besar. Diharapkan dapat menjadi sebuah wahana bagi yang mencari ilmu pada usia Prasekolah dan mampu memberikan pelayanan pendidikan yang optimal bagi masyarakat dari berbagai golongan sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan dilandasi Keimanan dan ketaqwaan dan dengan dibekali akhlaqul karimah menjadi pribadi yang cerdas, terampil, mandiri serta siap memasuki pendidikan dasar.
1.2.       Program Kegiatan Pendidikan
Pelaksanaan kegiatan adalah :
a.         Pemberian layanan pendidikan  kepada anak usia 2 – 6 tahun
b.        Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan nutrisi dan stimulasi intelektual secara sinerji dengan kerjasama dengan dinas dan instansi terkait.
c.         Pelaksanaan pelatihan kader pendidikan usia dini.

1.3.  Sasaran
Adapun yang menjadi sasaran dari Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )  adalah:
a.      Warga masyarakat yang berusia 2– 6 tahun
b.      Anak-anak Usia Dini yang ekonomi orang tuanya kurang mampu,  
sementara mereka menginginkan anak-anaknya sekolah.

1.4.  Sumber Potensi
Sumber potensi yang mendukung terbentuknya PAUD KOBER AL –
FIRZA UTAMA adalah :
1.    Tersedianya sarana yang cukup berupa rumah dengan halaman yang cukup luas.
2.    Ketenagaan dan tenaga  pengajar yang memiliki pendidikan cukup dalam bidang pendidikan.
3.    Dukungan masyarakat,  tokoh masyarakat dan orang tua anak yang meminta dan membutuhkan adanya program pendidikan anak usia dini.

1.5.  Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang diharapkan dalam pelaksanaan program Pendidikan Anak Usia Dini, adalah:
a.         Khusus
Setelah mengikuti program PAUD Kelompok  Bermain diupayakan memasuki pendidikan dasar ( Sekolah Dasar ) dengan berbagai kelebihan yang telah mereka dapatkan.
b.        Umum
Pemerintah, masyarakat dan perusahaan dapat memberikan bantuan teknis atau non teknis untuk lebih mengembangkan program PAUD Kelompok Bermain yang sangat bermanfaat bagi peningkatan sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Bantuan tersebut antara lain :
-       Memberikan bimbingan atau arahan dan petunjuk kepada penyelenggara tenaga pendidik, orang tua dan masyarakat
-       Pengembangan program kegiatan pembelajaran
-       Sertifikasi dan peningkatan tenaga pendidik
-       Bantuan sarana dan prasarana
-       Bantuan penyelenggaraan
-       Bantuan tenaga gizi dan kesehatan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar